Uncategorized

Bagaimana Jalannya Sebuah Pelatihan ? Berikut Rangkuman Kegiatan Tim Kami

Laporan Hasil Kegiatan Pelatihan Forklift

Di PT. SPINMILL INDAH INDUSTRY

pelatihan sertifikasi forklift
Pelatihan Forklift Trainers Management Indonesia di PT. Spinmill Indah Industri

Dalam rangka mencegah kecelakaan dan penyakit kerja, pendidikan dan pelatihan keselamatan (K3) untuk karyawan sangat penting. Persyaratan untuk karyawan operator pesawat angkat-angkut di perusahaan. Berdasarkan peraturan Menteri Tenaga Kerja No. Per-05/MEN/1985 tentang Pesawat Angkat dan Angkut (Forklift).

Dalam mengoperasikan pesawat angkat-angkut (forklift) secara aman dan benar membutuhkan tenaga-tenaga operator yang ahli dalam bidangnya dan memiliki pengetahuan dasar-dasar penanganan forklift.

  • TUJUAN PELATIHAN :

    1. Memberikan pengetahuan tentang regulasi dan pengoperasian
    2. Memberikan bekal pengetahuan tentang pengoperasian forkilft        yang aman, produktif dan efisien.
    3. Sebagai pemenuhan terhadap peraturan dan perundang-udangan yang berlaku.
    4. Untuk menentukan jenis forklift yang digunakan.
    5. Mengerti istilah-istilah asing yang ada dalam forklift.
    6. Untuk mengetahui bagaimana cara perawatan forklift.

pelatihan forklift
Praktek Uji Pelatihan Forklift, Praktek Ini Merupakan Pengujian Sejauh Mana Operator Dapat Mengoperasikan Forklift
  • SERTIFIKASI

    Bagi peserta yang memenuhi kriteria kelulusan akan diberikan Sertifikat dan Lisensi Operator yang diterbitkan oleh Kementrian Ketenagakerjaan RI

 

Pengalaman Ketika Menjadi PIC Training

“Forklift Training”

Hari pertama, Ketika kita sampai di PT. Spinmill Indah Industry saya dan rekan saya (Mr.Aji) langsung menyiapkan semua kebutuhan selama pelatihan. Setelah semua kebuuhan siap, tepat pada pukul 08.00 WIB training dibuka dengan sambutan dari Henny Budi Astuti selaku ketua penyelenggara.

Sejauh pengamatan saya, pelatihan berjalan seru karena pengajarnya juga sangat membaur oleh semua peserta walaupun pengajarnya langsung dari Kemnaker yang kredibilitasnya tidak diragukan lagi.

Pada saat kelas berlangsung, saya dan rekan  menyiapkan coffee break untuk para peserta dan instruktur. Sebelum waktu makan siang tiba peserta di bolehkan untuk istirahat sejenak atau coffee break sampai waktu yang ditetapkan. Dari semua pembahasan, saya tertarik dengan edukasi yang diberikan oleh instruktur yang berbentuk video. Walaupun saya sendiri tidak berpengalaman di bidang forklift, saya menyadari bahwa pelatihan ini sangat penting. Bagaimana tidak penting? Karena pada kenyataannya masih banyak operator perusahaan yang masih illegal dengan bebas menggunakan alat forklift sehingga banyak terjadinya kecelakaan. Terlebih di video tersebut pengajar sangat jelas memperlihatkan kecelakaan-kecelakaan tersebut. Oleh karena itu, buat kalian yang merasa belum memiliki sertifikasi tentang pekerjaan kalian, saya menyarankan untuk mengikuti training agar mengerti tentang apa yang kita kerjakan dan bagaimana cara melakukan penyelamatan apabila terjadi kecelakaan di lingkungan kerja.

pealtihan sertifikasi forklift
Suasana Kelas Pemberian Materi Pelatihan Forklift Yang Diberikan Oleh Instruktur Ahli Angkat Angkut

Selama dua hari, para peserta diberikan teori-teori dan hari ketiga training dimulai dengan ujian tertulis serta praktek.  Sesuai rundown, para peserta memulai ujian tertulis pada pukul 08.00-11.00 WIB. Setelah para peserta selesai mengerjakan ujian tertulis, peserta diberikan waktu untuk ISOMAH selama dua jam. Kegiatan selanjut, ujian praktek untuk menguji kemampuan para perserta dalam mengoperasikan alat forklift. Sejauh yang saya amati, masih banyak perserta yang masih belum menyadari betapa pentingnya keselamatan kerja dalam menggunakan alat forklift. Setelah semuanya mendapat pembinaan ini, para peserta mulai memahami betapa pentingnya pelatihan ini.

 

Kesan dan pesan saya ketika menjadi PIC training forklift :

Saya senang menjadi PIC training forklift ini, saya jadi menambah pengalaman dan juga wawasan tentang training forklift ini. Selain itu, para peserta nya juga baik, lucu, kompak, dan menyenangkan sehingga saya sebagai PIC tidak merasa bosan ketika berada di kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *