Menjadi pengemudi yang profesional

Maraknya pengemudi karbitan yang muncul di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya 2-3 tahun belakangan karena adanya peluang kerja baru menjadi pengemudi online, tentu menjadi perhatian banyak pihak termasuk di internal Traines Management Indonesia sebagai salah satu penyedia jasa pelatihan keselamatan berkendara R2/R4.

Berdasarkan pantauan kami, banyak sekali potensi bahaya yang diabaikan oleh para pengemudi online. hal ini dikarenakan tingkat pemahaman dan kesadaran pengemudi yang masih sangat minim. Ketika peluang terbuka lebar untuk menjadi driver online dan skill pengemudi minim, maka potensi bahaya berkendara di jalan terbuka lebar.

Sementara bagi penyedia jasa transportasi online proses rekruitmen yang dilakukan berdasarkan pantauan Trainers Management Indonesia hanya berdasarkan pada :

  1. Si pengemudi bisa mengemudi

    pengertian bisa mengemudi disini bukan hanya sekedar bisa mengemudikan kendaraan saja, tetapi bagaimana si pengemudi mampu mengemudikan kendaraan dengan baik dan benar, tidak ugal ugalan, cara dalam mengemudi pun bisa membuat nyaman penumpang.

  2. Minimnya pengetahuan tentang marka dan rambu lalu lintas

    Karena syarat yang ditetapkan oleh penyedia jasa transportasi online hanya terfokus pada bisa mengemudi dan memiliki kendaraan, dan pengetahuan tentang marka maupun rambu lalu lintas tidak menjadi prioritas, maka yang terjadi adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan dan menjadi syarat utama, justru malah terabaikan. Sehingga yang terjadi tingkat kecelakaan pengemudi online tinggi apalagi pengemudi yang mendapatkan sanksi karena tidak taat marka dan rambu lalu lintas. Sehingga yang terjadi, banyak pengemudi yang kena tilang, SIM nya ditahan, kemudian tidak ada uang untuk ambil SIM di pengadilan, maka yang terjadi adalah si pengemudi jalan tanpa SIM.

  3. Memiliki fisik yang kuat/sehat     

    Ini adalah syarat yang paling sering ditemukan oleh tim Internal Trainers Management Indonesia. Dengan alasan kebutuhan mengemudi di jalan minimal harus kuat secara fisik dan harus memenuhi target penghasilan minimal, maka perhatian bagi penyedia jasa transportasi online yang penting sanggup nyetir berjam jam dan bisa dapat minimal penghasilan.

 

Padahal, untuk menjadi pengemudi, yang harus diperhatikan bukan hanya sekedar sanggup dan kuat mengemudi selama berjam-jam. Alias betah melek dan betah duduk.

Tetapi yang paling penting adalah bagaimana si pengemudi lebih memperhatikan keselamatan dan ketaatan kepada marka serta rambu rambu lalu lintas, karena jika hal tersebut diperhatikan maka bukan pendapatan yang berkurang, tetapi malah sebaliknya… pendapatan akan semakin meningkat karena tingkat kesadaran dan pengetahuannya sudah baik. Sehingga potensi kecelakaan kerja dalam berkendara bisa diminimalisir sehingga layanan yang diberikan kepada pelanggan pun menjadi maksimal dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Grab, sebagai salah satu penyedia jasa transportasi online, sudah bekerjasama dengan Trainers Management Indonesia dalam memberikan pelatihan bagi ribuan pengemudi R2/R4 selama lebih kurang 2 tahun. Secara berkala, di setiap minggunya Trainers Management Indonesia melatih para pengemudi dalam rangka meningkatkan pemahaman pengemudi dalam memahami marka serta rambu lalu lintas, selalin itu para pengemudi juga dibekali pengetahuan tentang bagaimana merawat mesin kendaraan dan jika terjadi pecah/kempes ban, si pengemudi tahu bagaimana cara perawatan dan mengganti ban kendaraan sendiri

Beberapa materi yang diberikan untuk para pengemudi R2/R4 antara lain :

  1. Tehnik mengganti ban kendaraan bagi Roda 4, bisa anda lihat di channel youtube kami berikut ini  https://www.youtube.com/watch?v=XdGNh3zWKRw
  2.  Tehnik memarkir kendaraan untuk seri dan paralel, bisa anda lihat di channel youtube kami berikut ini  https://www.youtube.com/watch?v=NtqyIrmyYZo&t=13s
  3. Untuk Roda 2, bisa anda lihat di channel youtube kami berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=tEHz-44GgYk

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *